10 November 2014

Fabricating Final Project Day 1

Bontang, 10 November 2014

Hari ini 10 November 2014 saya dan team memulai fabrikasi project tugas akhir, alhamdulillah setelah seminggu ngurusin WO untuk pembelian material dan wara wiri konsultasi desain.
Hari ini nggak banyak sih yang dikerjakan tapi setidaknya ada progress lah yaa,,
Hari ini kita memotong pipa, oh iya sebelum pengerjaan pemotongan terlebih dahulu kita ke MPTA ke planner kita untuk minta nomor WO supaya bisa melakukan pekerjaan di MHE oh iyaa planner itu yang ngurusin pembelian barang ke warehouse. Kembali lagi ke pipa, jadi hari ini pekerjaan yang kita lakukan adalah memotong pipa untuk dibikin vessel. Pipa yang dipotong yaitu NPS 12 SCH 80 ngerti kan? Hehe, jadi pipa dengan OD 12,75 dan Schedule 80 (ketebalan pipa yaitu 0.687).

Pertama, kita menyiapkan alat dan peralatan kerja seperti pipa, pengecekan cutting machine (pake gergaji), kain majun. Eiits...jangan lupa PPE lengkap juga doong. Pipa dipindahkan ke preparat kalo bahasa biologinya kalau di bahasa mesin itu ditempatin di meja potong kemudian diatur panjang pipa yang akan dipotong setelah itu di jepit pake clamp supaya pipa ga bergerak bebas habis itu pencet tombol "one way" artinya gergaji itu cuman searah aja motongnya. Setelah mencet tombol tadi mesin gergaji bekerja dan keluar juga cairan putih mirip susu bear brand yang bisa kita sebut sbg coolent atau pendingin, fungsi coolent ini sbg pendingin supaya tidak terjadi overheating pada pipa dan gergaji (kan kedua benda itu bersentuhan tuh jadi pasti nyebabin panas ntr ngefek ke mata pisau kalau terjadi  overheating). Nah, setelah mesin gergaji itu sudah bekerja kita nunggu 30 menita kira-kira pipa kepotong, setelah pipa kepotong mesin akan otomatis berhenti lalu kita angkat pisaunya dengan menekan tombol "up", setelah itu melakukan pengerjaan ulang untuk membuat 5 vessel. Pemotongan vessel ke 4 selesai, sudah masuk jam istirahat, jadi kita putusin buat motong vessel ke 5 habis istirahat.

Singkat cerita sudah jam 1 kita langsung siap2 menuju MHE, dan singkat cerita lagi (hehe) vessel ke 5 sudah kepotong. Setelah vessel semua sudah ke potong waktu masih menunjukan kira-kira pukul 14.00 waktu indonesia tengah, kita putusin buat ngambil material yang blm keambil di Laydown J Badak LNG. Singkat cerita pipa udah sampe ke MHE workshop jam 15.30 an lah.. lama ya? Hehe... iya lah orang di laydown kita nunggu lama buat nunggu mobil angkutnya jadi lama deh.. oke jam sudah masuk ashar dan kita pun sholat ashar berjamaah bareng tmen2 MHE dan akhirnya waktu menunjukkam jam pulang.
Alhamdulillah,, terimakasih ya Allah untuk hari ini, semoga aku dan kawan2 LNG Academy dilancarkan dan dimudahkan tugas akhirnya aamiin

Semakin kompak dan semakin erat kekeluargaanya aamiin
Dan sukses dunia akhirat untuk semuanya...keluarga besar LNG Academy.
Semangat my team Melly Chandra dan Candra Aditya mari kita selesaikan project besar kita...semangat bismillah!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar