26 Maret 2013

Apa itu Instrumentasi?


Instrumentasi adalah alat-alat dan piranti (device) yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks (wikipedia).
·         Secara umum memiliki fungsi sbb:
1.       Sebagai control
2.       Analyzer
3.       Indikator
4.       Saftey

·         Media apa saja yang dikontrol/ apa parameternya?
1.       Flow
Merupakan aliran suatu fluida. Flow harus terus dipantau untuk mengetahi apakah aliran fluida mengalir dengan lancar atau terseumbat, jika tersumbat maka aka dilakukan tindak lanjut untuk menghindari terjadinya trip atau pun kecelakaan pada proses.
2.       Temperature
Tingkat panas atau dinginnya suatu fluida. Suhu juga sangat berpengaruh sekali terhadap proses pengolahan pada perusahaan oil and gas sehingga harus terus dipantau. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk.
3.       Pressure
Tekan fluida pada suatu equipment tertentu seperti pressure vessel,storage tank, pipe,boiler dll. Pressure dijaga supaya tidak terjadi over pressure yang bisa mengakibatkan terjadinya ledakan(mengganggu saftey) tentu saja mengganggu proses, sehingga harus terus di pantau.
4.       Level
Tingkat ketinggian suatu fluida pada suatu equipment/wadah seperti pressure vessel dan storage tank.

·         Alat-alat sensor
1.       Flow
a.       Orifice
b.      Venturi
c.       Pitot tube
d.      Turbin meter

2.       Temperature
a.       Thermocuple
Untuk  mengukur suhu. Digunakan sesuai dengan kebutuhan utama. Memiliki banyak type dari suhu biasa sampe cryogenic. Pemasangan terocouple ini harus sesuai kebutuhan sehingga tingkat sensitivity dan akurasinya tinggi.
b.      Bimetal
Merupakan alat sensor suhu yang memanfaatkan dua buah logam yang berbeda titik muainya, kedua logam tersebut jika diletakan sejajar pada keadaan suhu tertentu maka akan mengalami perubahan posisi pada ujung logam/metal tersebut. Perbedaan kedua ujung itulah yang digunakan sebagai output dari perhitungan suhu.
c.       Capiler
d.      RTD (Resistance Thermal Detector)
3.       Level
a.       Floating displacer
b.      Stick
4.       Pressure
a.       Manometer
b.      Bourdon tube
c.       Belows
d.      diapraghm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar